Langsung ke konten utama

Dunia Tidak Berubah, yakinlah!

Banyak sekali kita temui pernyataan, judul-judul buku dan materi-materi seminar yang kurang lebih isinya seperti ini : "Tidak ada yang tidak berubah kecuali perubahan itu sendiri", atau "Dunia selalu berubah". Atau apapun namanya "Perubahan selalu di agung-agung kan sebagai keyakinan (diimani) yang mutlak kebenarannya".


masa iya sih?
menurutku dunia ini tidak ada yang berubah !

  1. Kalau kita belajar sejarah bangsa-bangsa di dunia, sebab-sebab kebesaran dan kehancurannya selalu sama.
  2. Kalau kita belajar sejarah Islam di dunia, baik masa Rasulullah, para sahabat dan seterusnya maupun pada masa nabi-nabi sebelumnya, sebab-sebab kemenangan dan kekalahannya selalu sama, bahkan sebab kenapa umat Islam saat ini belum berjaya juga masih sama seperti dulu.
  3. Kalau kita belajar cara-cara memenangkan suatu pertempuran yang dilakukan oleh orang-orang dahulu, cara menang Muhammad SAW, cara menang Umar bin khotob, cara menang Kholid bin Walid cara menang Sun Tzu, cara menang Hideyoshi, Mushashi, Sholahudin Al Ayubi sampai cara menang napoleon dalam setiap pertempurannya ... saya yakin kita akan selalu menang dalam setiap "pertempuran", apapun bentuknya, dari masa ke masa selalu sama.
  4. Buku-buku "perang" marketing yang di adobsi dari prinsip-prinsip Sun Tzu dalam berperang, masih diminati sampai sekarang.
  5. Dalam pemerintahan pun masih cukup relevan jika kita mencontoh cara mengatur negeri pada jaman Nabi Sulaiman AS, jaman Rasulullah Muhammad SAW, jaman Umar bin Khotob, jaman Umar bin Abdul Aziz atau siapapun yang pernah sukses mengatur negerinya sehingga kaya raya makmur sejahtera.
  6. Akhirnya jika ingin tahu caranya Sukses, Maju, Kaya, Berprestasi, Bermartabat, Berjuang, Berperang atau apapun cita-cita kita ... jawabannya sudah ada, sudah dicontohkan, tinggal kita buka saja cerita masa lalu, kemudian di edit sedikit untuk disesuaikan alat bantunya dengan perkembangan jaman.
Selamat Berkarya!

Komentar